Quantcast
Viewing all 423 articles
Browse latest View live

PANTAI TANJUNG PESONA

Salah satu daerah wisata yang menjadi kebanggaan masyarakat Pulau Bangka Propinsi Bangka Belitung adalah Pantai Tanjung Pesona, yang  terletak di Sungai Liat, ibukota Kab. Bangka. Di Pantai ini terdapat sebuah penginapan bernama Hotel Tanjung Pesona Beach & Resort. Sekitar 2 (dua) tahun yang lalu saya pernah berkunjung dua kali ke pantai ini, hanya pada kunjungan [...]

CUCI TANGAN

Jika makan di restoran atau warung makan di Propinsi Kepulaun Riau (Kepri) maupun di Bangka Belitung (Babel), harus hati-hati….!!! Salah satunya dengan peralatan makan Ceret dan Rantang seperti ini : Kalau tidak hati-hati, air yang di dalam ceret kita tuangkan ke dalam gelas kemudian terminum. Padahal ceret ini adalah tempat air yang belum dimasak tapi [...]

MACAU

Saat itu kami harus mengambil keputusan untuk kegiatan esok pagi, apakah mau ke Disneyland atau Macau. Akhirnya kami sepakat bahwa pukul 7 besok pagi sudah siap-siap ke Terminal Ferry untuk menyeberang ke Macau, dengan biaya HK$ 134.00 atau sekitar Rp 160,000,- Macau adalah wilayah administratif khusus atau Special Administrative Region (SAR) dalam negara China, karena itu [...]

REUNI ?

Di samping hotel kami “Seraphine Hotel Olympia”, Kensington Street di London,  ada sebuah restoran Vietnam. Karena perut ini terbiasa diisi dengan nasi, walaupun jauh di negeri orang yang dicari masih tetap nasi juga. Nah, saudara kita Asia yang rasa masakannya mendekati adalah restoran Vietnam ini, yang jelas pasti ada nasinya, biasa disebut “Steam Rice“. Meskipun [...]

VIETNAMESE RESTAURANT

Dalam postingan saya sebelumnya tentang “Reuni ?“, menceritakan tentang “Ibu-ibu” yang reunian di sebuah restoran Vietnam tidak jauh dari Kensington Street, London. Teman blog saya atau mungkin juga teman blog kita “Mrs_Lair4ever”, akhir-akhir ini saya biasa menyebut beliau “Lair” saja. Dalam salah satu comment-nya, menanyakan : “Jenis makanan Vietnam apa yang di pesan di sana [...]

ABORIGINAL TENT EMBASSY

Membaca berita di salah satu Media Online di Tanah Air, tentang sepatu Perdana Menteri (PM) Australia Julia Gillard yang copot saat menyelamatkan diri dari kepungan massa dalam insiden perayaan Aus­tralia Day. Saat itu, Kamis (26/1),  Julia sedang berada di rumah makan “The Lobby”, Canberra, Australia. Sepatu yang dinamakan dengan ‘Julia Gillard Shoe’ tersebut dilelang di [...]

TUKANG SAMPAH

Hampir semua media massa di dalam negeri baik media cetak maupun online memuat berita tentang dua orang tukang sampah. Yang satu bernama Imam Syafii, tukang sampah dari Jakarta, Indonesia dan yang satu lagi adalah Wilbur Ramirez tukang sampah dari London, Inggris. Kedua mereka tiba-tiba jadi orang terkenal, karena kehidupan keduanya beda 180 derajat. Kondisi ini [...]

BEBEK TEPI SAWAH

Keluarga kami sangat menyukai masakan bebek. Di Jakarta misalnya, mulai dari “Bebek Kaleyo”  sampai  “Nasi Bebek Ginyo”,  di daerah  Tebet, Jakarta Selatan, sudah kami coba. Karena itu, sejak dari Jakarta kami sudah mencari informasi untuk kuliner yang satu ini jika kami berada di Bali. Sebelum berangkat, kami sudah dapat rekomendasi dari teman-teman untuk makanan khusus [...]

DURIAN KANI

Dalam perjalanan menuju Danau Batur yang terletak di kaki Gunung Batur, dari Kuta melewati Jalan Raya Bangli, Singaraja. Kami melihat kebun-kebun pada jalur ini ditanami pohon durian (saat itu) sedang berbuah, banyak sekali. Buahnya yang besar-besar sangat menggiurkan. Tidak heran di sepanjang jalan buah yang paling banyak dijual adalah buah durian. Orang Bali menamakan durian [...]

PENGAMEN DI INGGRIS

Di salah satu sudut stasiun kereta api bawah tanah (underground station) Victoria di London, kami ketemu dengan seorang pengamen atau penyanyi jalanan. Pengamen ini menggunakan bantuan alat musik gitar. Di stasiun yang lain kami juga pernah berjumpa dengan pengamen dengan alat musik harmonika, accordion atau saxophone. Oh ya, di Inggris pengamen di stasiun kereta api [...]

MAIN KIM

Main Kim atau Permainan Kim adalah suatu permainan dari Sumatera Barat. Main Kim adalah permainan kemungkinan angka yang keluar, dimainkan dengan menggunakan musik (keyboard/organ tunggal disertai dengan penyanyi) sebagai alat bantu. Lagu-lagu yang dinyayikan untuk mengikuti permainan ini dilakukan secara berpantun dan berirama riang. Main Kim sering digunakan untuk membagikan hadiah (doorprize) dalam suatu acara [...]

REUNI SMA

Minggu ketiga, Februari 2012 kami menyelenggarakan reuni  SMA (hanya satu kelas) yang kedua di sebuah tempat peristirahatan di Cisarua Bogor, namanya Griya Eyang, berlokasi di Bumi Citeko, Puncak,  sekitar 4 (empat) km sebelah kanan Jalan Raya Puncak, Cisarua Bogor. Pertemuan dihadiri oleh 29 (dua puluh sembilan) orang, sebagian besar dari Kota Padang, Pekanbaru, Jambi dan [...]

KETUPAT KANDANGAN

Sepanjang jalan sejak keluar dari Bandar Udara Syamsuddin Noor, Banjarbaru  Kalimantan Selatan (tidak jauh dari Banjarmasin) menuju pusat kota Banjabaru,  kami banyak menemukan warung-warung sederhana yang bertuliskan “Warung Ketupat Kandangan”. Nama makanan ini bagi saya sangat asing, tentu saja langsung membuat penasaran untuk mencobanya. Seperti apa ya makanannya ?   Pagi pertama kami sarapan di [...]

PASAR MARTAPURA

Kesempatan bagun pagi di Banjarbaru Kalimantan Selatan, kami manfaatkan untuk berolah raga jalan kaki. Kemudian nyambung naik angkot dengan tujuan Pasar Martapura. Ongkos angkot ke sana hanya Rp 3.000. Pasar Martapura adalah pasar tradisional, tetapi yang menarik dan menjadi pusat perhatian adalah toko-toko perhiasan, paling dicari dan diburu oleh orang-orang berduit atau artis-artis ibu kota [...]

KOMPETISI MATEMATIKA KREATIF

Hari Sabtu (10/3), sejak pukul 9 pagi,  kami mengantar Thalita (Si Bungsu) sebagai salah seorang wakil dari sekolahnya untuk mengikuti “Kompetisi Matematika Kreatif  Tingkat Sekolah Dasar  Negeri (SDN) ” di  SDN Menteng 01 Jl. Besuki, Jakarta Pusat. Kompetisi diikuti oleh murid-murid kelas 1 s/d 6 SDN,  yang dimulai sejak pagi secara bertahap, sedangkan Thalita mulai [...]

PASAR MARTAPURA

Melanjutkan postingan sebelumnya tentang pasar tradisional, Pasar Martapura di Kalimantan Selatan. Ketika masuk pasar, kami menemukan gerobak-gerobak para penjual ikan kering, dan buah-buahan. Masuk lebih dalam lagi, di sebelah kanan jalan kami menemukan kelompok penjual makanan basah atau kue-kue kecil seperti kelepon, kue lapis (di sini namanya kue pepek), pastel dll. Yang paling menarik adalah [...]

TELUR IKAN

Teman kami yang asli dari Pontianak Kalimantan Barat memberi kami masakan khas daerahnya yaitu Telur Ikan yang diasinkan. Telur yang berasal dari ikan Biawan ini diolah dengan bumbu tertentu, sedemikian rupa sehingga rasanya asin (lebih asin dari asinnya telur asin). Saudara-saudara kita di Pontianak biasa memakan dan mencampurkan telur ikan ini dengan nasi hangat, dicampurkan [...]

THE HIGH COURT OF AUSTRALIA

Dalam satu kesempatan, kami pernah mengunjungi High Court of Australia yang merupakan pengadilan tertinggi dalam sistem pengadilan di Australia. High Court berfungsi untuk menafsirkan dan memberlakukan Undang-Undang Australia; Memutuskan kasus-kasus yang penting dari segi Federal, termasuk tantangan terhadap keabsahan undang-undang; dan Menyidangkan naik banding, dengan izin khusus dari Pengadilan Federal, Negara Bagian dan Wilayah (lengkapnya [...]

SELEKSI TIM NASIONAL U-14

Pada hari Jumat (23/3) lalu, sejak pukul 6 pagi saya sudah memulai kegiatan hari itu dengan mengantar ananda Kevin mengikuti Seleksi Tim Nasional (Timnas) U-14 di Lapangan Universitas Trisakti, Kampung Ciangsana, Cibubur Jakarta. Seleksi yang diselenggarakan oleh Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) itu berlangsung sejak 23 s/d 26 Maret 2012, diikuti oleh 3000 pemain dari Sekolah Sepak [...]

GEDUNG MESIU

Di Pulau Penyengat Tanjung Pinang, terdapat sebuah bangunan bercat kuning, berdinding tebal (kira-kira lebih dari 40 cm), memiliki kubah, berjendela kecil dan disetiap jendelanya berjeruji yang disebut  Gedung Mesiu atau Gudang Mesiu. Bangunan ini berguna untuk tempat penyimpanan obat bedil (senapan angin) pada masa itu,  dan termasuk sebagai salah satu Benda Cagar Budaya. Mungkin itulah [...]
Viewing all 423 articles
Browse latest View live

Latest Images

Vimeo 10.7.0 by Vimeo.com, Inc.

HANGAD

MAKAKAALAM

Vimeo 10.6.0 by Vimeo.com, Inc.