Quantcast
Viewing all 423 articles
Browse latest View live

UNJUK RASA DI CANBERRA

Ketika pulang dari The Library of Australia di Parkes Place, Parkes ACT 2600 Canberra, kami pulang ke Medina Executive James Court Apartement di Northbourne Avenue jalan kaki, jaraknya  kurang lebih 3 sampai 4 km. Kami melewati sebuah taman namanya “Garden Court Gourmet”, kami melihat banyak orang sedang berkumpul, dari pakaiannya kelihatan seperti karyawan atau pekerja [...]

TRIGGER THUMB

Sore ini (2/4) saya menjalankan operasi kecil di bagian ibu jari namanya operasi “Trigger Thumb” di sebuah rumah sakit di kawasan Jakarta Selatan. Operasi ini hanya berlangsung selama 10 menit. Ceritanya begini : Ketika bangun pagi sekitar pertengahan Januari 2012 yang lalu, saya merasa sendi ibu jari kanan terasa ada ganjalan, kalau ditekuk ke atas [...]

BURUNG GAGAK

Burung Gagak adalah salah satu jenis burung yang banyak ditemui di Canberra, Australia, disamping Kakaktua Merah, Kakaktua Putih , Australian Magpie, Merpati,  Jalak maupun Burung Parkit yang dihiasi bulu berwarna cerah menyala. Menurut dosen saya Burung Gagak dulunya dibawa oleh pedagang dari India. Burung-burung ini terlihat nyaman hidup berdampingan dengan manusia dan sebaliknya warga Canberra-pun [...]

BERSAHABAT DENGAN ALAM

Berlokasi tepat di jantung kota London, di sekitar Istana Buckingham, Inggris terdapat tiga taman yang saling berhubungan, yaitu St. James’s Park, Green Park dan Kensington Park. Seperti layaknya sebuah taman, yang kita saksikan pertama adalah padang rumput hijau dan terawat rapi, penuh bunga-bunga yang mekar dan cantik, serta pohon-pohon rindang. Di salah satu taman ini, [...]

UPACARA DI BANGKOK

Mengikuti berita di media massa beberapa waktu lalu tentang upacara-upacara dan ritual keagamaan  yang sering diselenggarakan di Bangkok, Thailand. Misalnya  “Upacara Peringatan Ulang Tahun ke-2600 Sang Budha”, terlihat ribuan warga memberi penghormatan dan menyerahkan sumbangan kepada biksu, atau “Upacara Kremasi Putri Thailand Putri Bejaratana” anak tunggal mendiang Raja Vajiravudh yang  meninggal pada Juli 2011. Upacara-upacara [...]

TSUNAMI PHUKET 2004

Ketika terdengar berita tentang gempa bumi berkekuatan 8,6 SR pada Rabu 11 April 2012 sore, yang mengguncang Simeuleu Aceh dan Pesisir Barat Pulau Sumatera. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) segera mengeluarkan peringatan dini tsunami di sejumlah daerah seperti Bengkulu, Lampung, Sumatera Barat dan beberapa daerah lain termasuk Aceh. Pada waktu yang sama (seperti diberitakan) [...]

TUMIS IKAN BADER

Suatu pagi, di awal bulan April 2012 yang lalu, saya dapat kiriman masakan “Tumis Ikan Bader” dari seorang teman. Bahan utamanya adalah Ikan Bader. Ikan ini dibawa dari Boyolali, Jawa Tengah, tepatnya dari Waduk Cengklik, Boyolali, karena habitat Ikan Bader memang berada di danau, waduk  atau sungai. Menurut teman saya, pada saat musim bertelur Ikan [...]

COUNT ON ME

Sore ini (27/4), saya merasa bahagia sekali karena mendapatkan sesuatu yang nyaris hampir satu bulan ini saya cari. Saya menemukan sebuah lagu yang (selama ini) saya tidak tau judul lagunya, apalagi penyanyinya. Mungkin karena “kuper” alias kurang pergaulan, padahal lagu tersebut awalnya saya dengar di siaran radio favorit saya,  Radio 99.1 Delta FM Jakarta dalam [...]

PERNIKAHAN KATE DAN WILLIAM

Siaran TV sore ini (1/5) mengingatkan saya akan “Royal Wedding” Kate Middleton dengan Pangeran William yang bergelar The Duke dan Duchess of Cambridge pada 29 April 2011 yang lalu di Gereja Westminster Abbey, London. Satu tahun sudah pernikahan mewah tersebut telah berlangsung,  tepat pada hari Minggu (29/4/2012) kemarin. Keduanya merayakan hari indah itu secara sederhana [...]

PATONG BEACH

Melanjutkan cerita saya tentang “Tsunami di Phuket” beberapa waktu yang lalu. Di hari ke-2,  saya bangun pagi, berjalan dari tempat penginapan, turun dan menelusuri Patong Beach. Terlihat bahwa dari pengalaman akibat hantaman gempa dan tsunami Desember 2004 lalu, Pemerintahan Thailand berusaha mempersiapkan masyarakat dan wisatawan yang berkunjung ke daerah ini, jika terjadi tsunami. Memanfaatkan alat [...]

MONUMEN BOM BALI

Bom Bali (12 Oktober 2002) adalah sebuah sejarah kelam negeri ini yang seharusnya tidak boleh terjadi di sebuah daerah yang menjunjung tinggi nilai-nilai keagamaan dan kebudayaan seperti Bali. Peristiwa ini, mengakibatkan 202 orang tewas dari 22 negara yaitu  Afrika Selatan, Amerika Serikat, Australia, Belanda, Brazil, Denmark, Ekuador, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Korea, Polandia, Portugis, [...]

GARUDA WISNU KENCANA

Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana GWK adalah salah  objek wisata di Bukit (batu kapur) Unggas di Jimbaran Bali,  sekitar 25 km dari Denpasar. Untuk mencapai lokasi ini,  harus melewati kampus Universitas Udayana (ada jalan lain ga ya ?). Menurut pemandu wisata, GWK berada di ketinggian 146 m di atas permukaan tanah atau 263 m di [...]

PADANG-PADANG BEACH

Hari Pertama di Bali, kami diajak oleh Bli Made (yang membawa kendaraan kami) ke  Padang-Padang Beach atau Pantai Padang-Padang yang terletak di kawasan Pecatu, Bali. Ketika siangnya kami berada di Pantai Kuta, Bli Made mengatakan untuk menikmati sunset lebih baik di  Padang-Padang Beach saja,  karena pantainya tidak terlalu ramai, pasirnya putih, lebih bersih dan sangat [...]

ISTANA RAJA UBUD

Tempat tinggal atau Istana Raja Ubud dan kerabatnya ini bernama Puri Saren Ubud, berada di tengah-tengah kota Ubud, diperempatan jalan utama, bahkan di depan Pasar Ubud dan Kantor Lurah Ubud. Tidak heran, jalur menuju lokasi ini cukup padat dilewati oleh bus-bus pariwisata dan menjadi tujuan wisatawan sehingga tentu saja kemacetan tidak bisa dihindari.  Apalagi kalau [...]

TAMAN REKREASI GUA MONYET

Kami mendarat di Bandar Udara El Tari, Kupang sekitar 21,30 Wita, karenanya malam itu tidak bisa kemana-mana. Besok siangnya sekitar pukul 10, kami berangkat menuju Taman Rekreasi  “Gua Monyet” , sebuat objek wisata yang terdapat di Kelurahan Alak sekitar 12 km dari Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT). Dari namanya kita sudah bisa menebak bahwa di [...]

PERJALANAN MENUJU PANTAI TABLOLONG

Dari Taman Rekreasi Gua Monyet kami meneruskan perjalanan menuju Pantai Tablolong yang katanya mempunyai panorama pantai dan pemandangan bawah laut yang indah, serta merupakan surga bagi para pemancing. Kami melewati daerah dengan pemandangan dan keunikan yang tidak mungkin dapat ditemukan apabila kita berkunjung ke daerah lain, seperti rumah adat, penduduk asli Nusa Tenggara Timur (NTT), [...]

PANTAI TABLOLONG

Dua tahun yang lalu saya pernah menulis tentang Pantai Tablolong di sini,  dengan pohon-pohon yang tumbuh di batu karang, sehingga mempunyai kesan seperti bonsai yang dibentuk oleh alam dari kerasnya kehidupan laut,  hantaman ombak , kencangnya deru angin bahkan badai yang menerjang. Saya kurang tau nama bonsai-bonsai alam ini, yang jelas mirip dengan pohon kingkit [...]

SENJA DI TELUK KUPANG

Sulit untuk melukiskan dengan kata-kata betapa indahnya melewati sore dan senja  hari, menelusuri  Pantai Tablolong menuju Teluk Kupang Nusa Tenggara Timur,  sembari menyaksikan Pelabuhan Laut Tenau (mudah-mudahan namanya ga salah). Menikmati sunset dari ketinggian, sambil mensyukuri nikmat dari Yang Maha Pencipta. Betapa indahnya negeri ini…….

MENELUSURI SUNGAI BARITO

Rencananya besok pagi akan mengunjungi Pasar Terapung di Sungai Barito, karena itu malamnya kami sudah mengatur strategi untu minta bantuan kepada teman yang di Banjarmasin agar mencarter klotok yaitu perahu kecil bermesin sebagai salah satu angkutan wisata Sungai Barito. Pukul 4 pagi,  kami berangkat dari Banjarbaru menuju Banjarmasin, di tengah perjalanan berhenti untuk shalat subuh [...]

AKTIVITAS DI ANAK SUNGAI BARITO

Masih melanjutkan cerita saya menelusuri Anak Sungai Barito selama kurang lebih satu setengah jam perjalanan dengan Klotok (naik boat hanya 15 menit) menuju Pasar Terapung di Sungai Barito. Pada tulisan tersebut saya lebih banyak memperlihatkan aktivitas yang berhubungan dengan kegiatan sehari-hari, seperti : mandi, cuci pakaian, cuci piring, sikat gigi dll. Pada postingan ini, saya [...]
Viewing all 423 articles
Browse latest View live

Latest Images

Pangarap Quotes

Vimeo 10.7.0 by Vimeo.com, Inc.